Minggu, 09 Februari 2020

Mahyu ID

Inilah 6 Tanda Anda Membutuhkan Fisioterapi


Fisioterapi atau terapi fisik merupakan salah satu bentuk perawatan yang membantu fungsi gerakan tubuh bisa berfungsi secara normal. Perawatan ini dianjurkan jika seseorang mengalami cedera, kecelakaan, mengalami penyakit tertentu, dan lain sebagainya yang membuat orang tersebut tidak mampu menggerakan sebagian tubuhnya dengan normal. Selain itu, terapi fisik yang satu ini juga bisa meminimalisir resiko sakit atau luka yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. 

Terapi yang satu ini mampu memulihkan beberapa gangguan, seperti sakit otot dan sendi, jaringan halus (pundak, leher, punggung), saraf, THT, pernapasan dan paru, kandungan, jantung dan sirkulasi, pediatric, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan perawatan ini, Anda bisa mengunjungi dokter spesialis fisioterapi yang ada di rumah sakit terdekat. 

Tanda Anda Membutuhkan Fisioterapi 

Lalu, apa saja gejala-gejala yang mengharuskan Anda untuk melakukan terapi fisik? Berikut ulasannya. 

1. Adanya Gangguan Keseimbangan dan Koordinasi 

Saat Anda mengalami gangguan keseimbangan dan koordinasi, Anda bisa langsung pergi mengunjungi dokter Fisioterapi. Gangguan ini ditandai dengan gejala pusing, mual, sulit fokus, sering pingsan, tekanan darah yang rendah, pandangan kabur, dan lain-lain. Gangguan ini umumnya disebabkan oleh kerusakan pada bagian otak kecil atau kelainan genetik. 

2. Rasa Nyeri yang Tidak Kunjung Hilang 

Jika sewaktu-waktu Anda merasakan nyeri dan pegal yang tidak kunjung hilang pada bagian leher, pinggang, punggung, dan lain sebagainya, segeralah pergi ke dokter terdekat. Nyeri tersebut disebabkan oleh otot yang cedera atau tegang. Dengan melakukan terapi fisik, fungsi tubuh Anda akan kembali seperti sedia kala. 

3. Rasa Nyeri yang Semakin Kronis 

Rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu tentu saja sangat mengganggu, apalagi jika sakit tersebut terasa semakin nyeri dan menjadi kronis. Untuk mengatasi hal ini, segeralah pergi ke dokter terapi fisik mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, terapi fisik juga mampu mengatasi nyeri yang sudah berlangsung lama, sehingga Anda bisa lebih leluasa untuk beraktivitas. 

4. Gangguan Pergerakan 

Tanpa disadari, cedera ringan bisa mempengaruhi aktivitas Anda sehari-hari. Jika pernah mengalami patah tulang, Anda pasti mengetahui persis sakitnya dan bagaimana hal itu mengganggu pergerakan aktivitas Anda. Hal-hal seperti ini bisa dibantu dengan terapi fisik secara berkala. Buatlah janji temu dengan dokter yang bersangkutan secara berkala agar aktivitas Anda tidak terganggu. 

5. Adanya Masalah Pada Saraf 

Masalah pada saraf bisa dialami oleh siapa saja. Jika mengalami hal ini, jangan sungkan untuk segera melakukan terapi saraf. Adapun gangguan-gangguan saraf yang sering terjadi, seperti stroke, Parkinson, multiple sclerosis, dan lain sebagainya. Jika Anda melakukan perawatan ini secara disiplin, masalah tersebut bisa teratasi dengan baik. 

6. Inkontinensia 

Inkontinensia merupakan salah satu gangguan dimana seseorang tidak mampu untuk menahan buang air kecil. Jika Anda atau orang terdekat mengalami gangguan ini, cobalah pendekatan non-bedah, yaitu terapi fisik. Anda akan diminta untuk melakukan berbagai macam latihan, seperti latihan dasar panggul khusus. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk melakukan pola hidup sehat, seperti makan makanan yang bergizi dan tidur yang cukup. 

Itulah enam tanda Anda membutuhkan Fisioterapis. Jika mengalami hal-hal seperti di atas, Anda bisa mengakses situs sehatq.com untuk mencari referensi fisioterapis yang akan menangani penyakit Anda. Menariknya, ada berbagai fisioterapis yang tersebar di berbagai Kota di Indonesia, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa langsung booking dokter tersebut dengan melihat jadwal prakteknya. Prosesnya sangat cepat, lho? Mudah, kan? Yuk, segera berkonsultasi dan berobat di SehatQ.com! 

Mahyu ID

About Mahyu ID -

Medianya Urang Halabiu

Subscribe to this Blog via Email :